Jenis Kanguru

Kali ini kita akan membahas hewan yang jalannya selalu melompat. seperti kanguru. 
Kanguru tidak hanya berada di Australia, di tanah air kita pun terdapat kanguru, khususnya Papua. Kanguru adalah binatang menyusui yang agak aneh. Jika dilihat sepintas, tampangnya mirip tampang rusa, tetapi kaki belakangnya lebih besar dan lebih panjang.
 Hal menarik lainnya, induk kanguru selalu membawa anaknya yang masih bayi dalam sebuah kantong di perutnya. 

Jenis satwa khas Papua ini kini memang masih cukup banyak. Namun pemerintah kita tetap melindunginya untuk menjaga kelestarian satwa tersebut di masa mendatang. Karena di sana kanguru pun diburu untuk dimakan dagingnya. 

Jenis Kanguru 

  1. Kanguru adalah satwa pemakan tumbuhan dari Keluarga Macropodidae yang penyebarannya terbatas hanya di Australia dan Irian Jaya saja. 
  2. kanguru darat dan kanguru pohon. Sesuai dengan cara hidupnya, kanguru darat hidup di tanah, mereka biasanya menghuni hutan-hutan berupa semak belukar maupun padang rumput. 

Kanguru pohon sebagian besar masa hidupnya ada di pohon. 
Sekalipun begitu satwa tersebut juga sering turun ke tanah, misalnya bila sedang mencari air minum. Moncong kanguru pohon bentuknya lebih runcing jika dibandingkan dengan moncong kanguru darat. Ekornya agak panjang dan bulat, berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya. 

Pada kanguru darat kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya,
 Cakarnya pun lebih kecil. Moncongnya agak tumpul dan tidak berbulu.
 Ekornya makin meruncing ke ujung, bulunya tidak begitu lebat. 
Di Irian terdapat tiga jenis kanguru pohon yaitu dari marga Dendrolagus. Yang paling banyak adalah D. goodfellowi berkulit tubuh coklat sawo matang. 

Kanguru yang terdapat di daerah pegunungan adalah Dendrologus dorsianus, warna bulunya cokelat muda. Badan kanguru kira-kira sebesar kambing, ekornya lebih pendek daripada tubuhnya. Ada lima jenis kanguru darat di Irian Jaya, yaitu dari marga Dorcopsis, Wallabaia dan Thylogale. Mereka hidup dari daerah pantai sampai pegunungan. Panjang tubuhnya sekitar 1 meter, ekornya lebih pendek daripada tubuhnya. 

Jenis yang hidup di daerah pantai selatan Papua yaitu Thylogale stigmata, warna kulit tubuhnya kuning kecokelatan. Di daerah Merauke terdapat jenis Wallabia agilis, kulitnya cokelat muda kehitaman. Sedangkan jenis kanguru yang terdapat di daerah Irian Jaya bagian Utara adalah Dorcopsis hageni, kulit badannya cokelat sawo matang. 

Canberra
Negara ini juga identik dengan binatang kangguru dan koala yang sulit kita jumpai di negara lain....!!!!. Ibukota Australia terletak di Canberra dan kota-kota besarnya adalah Sydney dan Melbourne serta Adelaide, Brisbane, dan Perth. Bahasa sehari-hari yang digunakan di Australia adalah bahasa Inggris. Ini dikarenakan Australia adalah negara bekas jajahan Inggris. Selain itu mata uang yang digunakan di Australia adalah dollar Australia.


Melbourne
Nama Australia sendiri berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Kebanyakan penduduk Australia tinggal di kawasan kota, khususnya kota Sydney, karena kota ini memiliki penduduk paling banyak di Australia. Penduduk Australia yang sekurang-kurangya 20,6 juta merupakan keturunan pendatang dari abad kesembilanbelas dan keduapuluh.

Sebagian besar mereka berasal dari Britania Raya dan Irlandia. Akan tetapi, penduduk Australia telah bertambah empat kali lipat sejak akhir Perang Dunia I. Penduduk asli Australia terdiri dari penduduk asli tanah utama dan kaum Kepulauan Selat Torres yang berjumlah 410.003 pada tahun 2001. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Walaupun, berbagai seni kesenian di Australia mempunyai dasar dari tradisi-tradisi Eropa. Namun lingkungan dan sejarah Australia tidak lepas dari pengaruh suku Aborigin yang merupakan penduduk asli Australia. 

Kalau kita mengingat negara Australia hewan apa yang terbayang di kepala kita??????
Hewan apalagi kalau bukan dua hewan berkantung yang lucu kangguru dan koala.
Kangguru adalah hewan yang mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat.
 Kangguru bisa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam.
 Kangguru bisa hidup berumur sampai dengan 9-18 tahun. 
Selain itu, kangguru memiliki kantung di perutnya. Apabila berdiri tingginya mencapai lebih dari dua meter, dan biasanya bergerak dalam kelompok besar.
 Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, kanguru mencari kelembapan dari tumbuhan hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar