Mesin diesel
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa
Indonesia.
Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih
spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh
suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti
busi).
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang
menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk
dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia
mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900
dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan
disempurnakan oleh Charles F. Kettering.Daftar isi [sembunyikan]
1 Bagaimana mesin diesel bekerja
2 Tipe mesin diesel
3 Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
4 Pranala luar
[sunting]
Bagaimana mesin diesel bekerja
Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan
oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan
bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston
yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan
busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa ke
ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur
dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan
membakar dengan cepat.
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran
di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan
menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini
ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung
pengeluaran crankshaft.
Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar
dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports
atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi
bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger
untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk
mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger
meningkatkan efisiensi.
Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang
membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang
menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik
kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan
"komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin
melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang
disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui
aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.
Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder
dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi
menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin.
Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake
manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu
operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan
efektif memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental
dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat
mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam
silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin
menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat
kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk
memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.
[sunting]
Tipe mesin diesel
Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua,
meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft
di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling
banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan
straight-4 juga banyak diproduksi.
[sunting]
Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga
yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran
tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang
membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan
mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin
bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena
komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin
diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin
meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat
mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi
bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih
sedikit.
[sunting]
Pranala luar
The Diesel Stop - Information on the Power Stroke Diesel
Rolls-Royce corporate website - diesel engines
TDIClub.com - TDI Enthusiasts
Turbodiesel Register - Dodge/Cummins Turbodiesel Enthusiasts
Volvo Penta - manufacturer of marine and industrial diesel
engines
Centurion Engines - aeronautical applications
Wärtsilä - manufacturer of diesel power plants
Caterpillar - manufacturer of diesel engines
Cummins - manufacturer of diesel engines
Bagaimana mesin diesel bekerja
Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan
oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan
bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston
yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan
busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa
ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur
dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan
membakar dengan cepat.
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran
di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan
menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini
ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung
pengeluaran crankshaft.
Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar
dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports
atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi
bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger
untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk
mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger
meningkatkan efisiensi.
Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang
membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang
menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik
kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan
"komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin
melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang
disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui
aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.
Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder
dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi
menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin.
Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake
manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu
operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan
efektif memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental
dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat
mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam
silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin
menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat
kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk
memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.
[sunting]
Tipe mesin diesel
Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua,
meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft
di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling
banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan
straight-4 juga banyak diproduksi.
[sunting]
Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga
yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran
tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang
membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan
mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin
bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena
komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin
diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan
ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel
lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar
juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikitRudolf
Diesel
Dari Wikipedia Indonesia ,
ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia .
Rudolf Diesel
Rudolf Diesel (18 Maret 1858 - 30 September 1913) adalah
seorang penemu Jerman, terkenal akan penemuannya, mesin diesel, Dia lahir di
Paris dan meninggal secara misterius di kapal fery dalam perjalanannya ke
Inggris.
Diesel mengembangkan ide sebuah mesin pemicu kompresi pada
dekade terakhir abad ke-19 dan menerima hak paten untuk alat tersebut pada 23
Februari 1893. Dia membangun prototipe yang berfungsi pada awal 1897 ketika
bekerja di pabrik MAN di Augsburg .
Mesin Diesel ini pun dinamakan untuk menghormati jasanya.
Aslinya, ia bernama "mesin minyak".
Rudolf Diesel lahir dengan nama lengkap Rudolf Christian
Karl Diesel lahir pada tanggal 18 Maret 1858 di Paris, Perancis, dari keluarga
Jerman pengrajin kulit. Sejak kecil, dia dekenal sebagai seorang yang jenius.
Pada sekitar usia 20 tahun, pada 1870, Diesel menerima penghargaan medali
perunggu dari Société Pour L'Instruction Elémentaire, atas beberapa karya
ilmiahnya yang cemerlang.Tetapi, pada tahun yang sama, keluarga Diesel terpaksa
harus meninggalkan Paris karena kebijakan baru pemerintah Perancis saat itu
tentang para imigran asing. Ayah Diesel gagal memperoleh izin menetap di
Perancis. Mereka berangkat dan pindah ke London ,
Inggris. Hanya sebentar di sana , Rudolf kemudian
berangkat sendiri ke Augsburg ,
Jerman, untuk melanjutkan sekolah dan tinggal bersama paman dan bibinya disana
yang juga mengajar sebagai gurunya di Gewerbsschule. Tak lama kemudian Perang
Jerman-Perancis meletus.
Pada tahun 1872, Rudolf mulai dikenal dan diakui sebagai
calon mekanik handal. Ia menyelesaikan sekolahnya di Gewerbsschule sebagai
salah seorang lulusan terbaik, kemudian melanjutkan ke Universitas Teknik
(Institut Politeknik) Muenchen. Perang Jerman-Perancis pun berakhir dan untuk
pertama kali dia dapat berkumpul dan bertemu kembali dengan keluarganya di
Paris.
Sayang, Rudolf tak dapat mengikuti ujian akhir
kesarjanaannya, pada tahun 1879 karena menderita serangan penyakit demam
berdarah. Namun selama kuliah di Muenchen, dia mengukir banyak prestasi
cemerlang, antara lain, pada tahun 1878, bersama profesornya, berhasil
merancang suatu cetak biru (blueprint) mesin uap dengan efisiensi tertinggi
yang pernah ada sampai saat itu. Dia juga mulai menulis beberapa makalah dan
diterbitkan untuk umum. Segera setelah sembuh, Rudolf malah memilih mulai
bekerja sebagai mekanik di perusahaan Sulzer di Winterthur, mengembangkan mesin
pembuat es.
Akhirnya pada tahun 1880, Rudolf berhasil menyelesaikan
ujian akhir kesarjanaannya sebagai insinyur mesin, dan menjadi lulusan terbaik
yang pernah dihasilkan oleh Institut Politeknik Muenchen sepanjang sejarahnya
hingga kini. Setelah lulus, dia memutuskan pindah menetap di Paris dan
mendirikan cabang perusahaan mesin pembuat es disana. Dia malah rela bekerja
tanpa dibayar. Tetapi, setahun kemudian, 1881, perusahaan mengangkatnya menjadi
direktur pabrik tersebut di Paris, tahun inilah dia bertemu pertama kali dengan
Heinrich Buz, Direktur Permesinan Augsburger, dan mereka bersepakat menguji
coba dan mengembangkan suatu sistem permesinan pembuas es bening. Tahun itu
juga Rudolf menerima sertifikat hak paten pertamanya atas temuannya memproduksi
klareis dalam botol.
Tahun 1883, Rudolf mulai membangun pabrik es besar di Paris.
Setahun kemudian, rencana pengembangan mesin amoniak mulai dikerjakan. Tahun
1886, pabriknya melebarkan sayapnya ke Belgia. Pada tahun 1887, gagasan tentang
mesin penyerap amoniak untuk keperluan usaha skala menengah mulai terwujud.
Pada saat inilah Rudolf membuktikan teori gelombang elektromagnetik pada
putaran tinggi per detik. Pada tahun 1889, Rudolf mengikuti pameran teknik
industri di Paris, memamerkan mesin pembuat es dan pendinginnya. Rudolf
kemudian memberikan kuliah umum di suatu kongres internasional mengenai
mesin-mesin terapan. Dia memperoleh sambutan meriah dan perusahaan Lindes
segera menawarinya kontrak kerja berkedudukan di Berlin sejak tahun 1890.
Mesin Diesel Pertama
Pada tahun 1892, Rudolf menerima hak patennya atas penemuan
cara kerja mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Rudolf segera
memulai proyek besarnya mengembangkan apa yang dekmudian hari dikenal sebagai
mesin diesel. Dan pada 10 Agustus 1893, Rudolf pun berhasil mewujudkan
impiannya yakni terciptanya mesin diesel pertama di dunia. Atas temuannya itu,
ia mendapatkan hak paten bernomor 608845. Pada tahun yang sama terbit bukunya
yang berjudul "Theory and Construction of A Rational Heat Engine for
Substitution of the Steam Engines and that Today Admitted Combustion
Engines", melalui penerbit Springer, Berlin . Saat itu pula, Rudolf menandatangani
kontrak kerja dengan Augusburger, Krupp, dan Sulzer, sambil menerbitkan buku
berikutnya, "Nachtraege for the Theory og the Diesel Engine".
Prototipe awal mesinnya dipamerkan di Pekan raya Chicago , Amerika Serikat
dan mendapat sambutan yang cukup lumayan. Dia melanjutkan percobaannya. Pada
tahun 1895, Komisi Hak Paten mensahkan bahwa mesin ciptaannya memang bekerja
baik. Dia pindah ke Muenchen, tahun 1896. Sampai awal tahun berikutnya (1897),
dia menyelesaikan rencana lanjut mesin temuannya dengan empat langkah
(4-stroke). Tetapi perusahaan Deutz AG mencoba menandinginya. Krupp mendukung
Rudolf yang akhirnya melahirkan kesepakatan antara Deutz, Krupp dan Augsburger
untuk membantu Rudolf melakukan rangkaian akhir percobaan lanjutan untuk
menyempurnakan mesin temuannya.
Tahun itu adalah tahun yang sibuk bagi Rudolf. Dia melakukan
perjalanan ke Skotlandia, lalu ke Paris untuk
membuat satu pesawat terbang, menandatangani kontrak dengan Adolphus-shrubs,
dan kemudian memperagakan contoh mesinnya di depan umum di Augsburg . Lalu memeberi ceramah umum di Kassel , meresmikan
perkumpulan masyarakat mesin diesel di Paris, namun juga menghadapi gugatan
atas hak patennya oleh Emil Captaine. Bahkan sempat mengalami kehilangan dalam
uji ciba laboratoriumnya. Tetapi, pabrik mesin diesel di Augsburg akhirnya dapat dibangun pada tahun
1898. Empat contoh mesin produksi awalnya segera dipamerkan di Pekar raya
Muenchen dan dia berhasil menyelesaikan mesin diesel pertama dengan kompresor
untuk perusahaan Deutz AG. Cobaan datang lagi. Ia sempat masu rumah sakit jiwa
di Neuwittelsbach, Muenchen. Tetapi pabrik mesin diesel pertama di Amerika
selesai dibangun tahun itu juga. Cobaan datang terus. Pada tahun berikutnya
1899 Pabrik pertama di Augsburg
ditutup karena gagal mencapai target jumlah produksi. Tetapi, tahun itu pula
mesin diesel pertama kali digunakan di lapangan pengeboran minyak di Gailizien.
Dia makin sering jatuh sakit.
lalu pada abad ke 20, tepatnya pada tahun 1900, pabrik mesin
diesel pertama di London
diresmikan. Peragaan mesinnya di Pekan raya Paris memperoleh perhatian istimewa dan
mendapatkan hadiah utama. Karena semakin sering sakit, dia pindah ke pemukiman
yang lebih segar di Muenchen pada tahun 1901. Sambil banyak beristirahat, dia
menulis dan menerbitkan buku baru yang lebih filosofis ketimbang teknis yang
berjudul "Solidarismus: natürliche wirtschaftliche Erlösung der
Menschen", pada tahun 1903, yang memperlihatkan secara jelas sikap dan
pandangan dasarnya sebagai seorang insinyur jenius yang juga peduli pada
masalah-masalah sosial dan lingkungan hidup. Dua tahun kemudian, 1905, mesin
diesel mulai digunakan sebagai mesin kereta api. Dan puncak prestasinya pada
tahun 1910 ketika ia tampil di Pekan raya Paris
dengan rancang bangun mesin diesel yang digerakkan dengan bahan bakar minyak
kacang dan minyak ganja. Dua tahun kemudian (1912) ketika berpidato menerima
hak patennya atas mesin barunya tersebut, dinia mencatat pernyataannya yang peling
bersejarah tentang masa depan mesin yang dijalankan dengan bahan bakar minyak
nabati yang sekarang dikenal sebagai biodiesel yakni "Der Gebrauch von
Pflanzenöl als Krafstoff mag heute unbedeuntend sein. Aber derartige Produkte
können im Laufe der Zeit obenso wichtig werden wie Petroleum und diese
Kohle-Teer-Produkte von heute." (Pemakaian minyak nabati sebagai bahan
bakar untuk saat ini sepertinya tidak berarti, tetapi pada saatnya nati akan
menjadi penting, sebagaimana minyak bumi dan produk tir-batubara saat
sekarang). Mesin biodiesel itu disempurnakan lagi oleh Ludwig Elsbett.
Rudolf Diesel meninggal secara misterius dan mengenaskan di
Selat Inggris, pada tahun 1913, terjatuh dan tenggelam secara misterius. Hingga
kini tidak diketahui pasti sebab peristiwa kecelakaan tragis itu.
Biodiesel
Dari Wikipedia Indonesia ,
ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia .
Bus yang menggunakan biodiesel kedelai.
Biodiesel merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran
mono--alkyl ester dari rantai panjang asam lemak, yang dipakai sebagai
alternatif bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber
terbaharui seperti minyak sayur atau lemak hewan.
Sebuah proses dari transesterifikasi lipid digunakan untuk
mengubah minyak dasar menjadi ester yang diinginkan dan membuang asam lemak
bebas. Setelah melewati proses ini, tidak seperti minyak sayur langsung,
biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari
minyak bumi, dan dapat menggantikannya dalam banyak kasus. Namun, dia lebih sering
digunakan sebagai penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahan bakar
diesel petrol murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas.
Dia merupakan kandidat yang paling dekat untuk menggantikan
bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia, karena ia
merupakan bahan bakar terbaharui yang dapat menggantikan diesel petrol di mesin
sekarang ini dan dapat diangkut dan dijual dengan menggunakan infrastruktur
sekarang ini.
Penggunaan dan produksi biodiesel meningkat dengan cepat,
terutama di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia ,
meskipun dalam pasar masih sebagian kecil saja dari penjualan bahan bakar.
Pertumbuhan SPBU membuat semakin banyaknya penyediaan biodiesel kepada konsumen
dan juga pertumbuhan kendaraan yang menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar.
Membuat biodiesel
Pada skala kecil dapat dilakukan dengan bahan minyak goreng
1 liter yang baru atau bekas. Methanol sebanyak 200 ml atau 0.2 liter. Soda api
atau NaOH 3,5 gram untuk minyak goreng bersih, jika minyak bekas diperlukan 4,5
gram atau mungkin lebih. Kelebihan ini diperlukan untuk menetralkan asam lemak
bebas atau FFA yang banyak pada minyak goreng bekas. Dapat pula mempergunakan
KOH namun mempunyai harga lebih mahal dan diperlukan 1,4 kali lebih banyak dari
soda. Proses pembuatan; Soda api dilarutkan dalam Methanol dan kemudian
dimasukan kedalam minyak dipanaskan sekitar 55 oC, diaduk dengan cepat selama
15-20 menit kemudian dibiarkan dalam keadaan dingin semalam. Maka akan
diperoleh biodiesel pada bagian atas dengan warna jernih kekuningan dan sedikit
bagian bawah campuran antara sabun dari FFA, sisa methanol yang tidak bereaksi
dan glyserin sekitar 79 ml. Biodiesel yang merupakan cairan kekuningan pada
bagian atas dipisahkan dengan mudah dengan menuang dan menyingkirkan bagian
bawah dari cairan. Untuk skala besar produk bagian bawah dapat dimurnikan untuk
memperoleh gliserin yang berharga mahal, juga sabun dan sisa methanol yang
tidak bereaksi.
Mengapa minyak bekas mengandung asam lemak bebas?.
Ketika minyak digunakan untuk menggoreng terjadi peristiwa
oksidasi, hidrolisis yang memecah molekul minyak menjadi asam. Proses ini
bertambah besar dengan pemanasan yang tinggi dan waktu yang lama selama
penggorengan makanan. Adanya asam lemak bebas dalam minyak goreng tidak bagus pada
kesehatan. FFA dapat pula menjadi ester jika bereaksi dengan methanol, sedang
jika bereaksi dengan soda akan mebentuk sabun. Produk biodiesel harus
dimurnikan dari produk samping, gliserin, sabun sisa methanol dan soda. Sisa
soda yang ada pada biodiesel dapat henghidrolisa dan memecah biodiesel menjadi
FFA yang kemudian terlarut dalam biodiesel itu sendiri. Kandungan FFA dalam
biodiesel tidak bagus karena dapat menyumbat filter atau saringan dengan
endapan dan menjadi korosi pada logam mesin diesel.
fsdgdfg
Diesel, di Indonesia lebih dikenal dengan nama solar, adalah
suatu produk akhir yang digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin diesel yang
diciptakan oleh Rudolf Diesel, dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.
[sunting]
Kegunaan
Diesel mirip dengan minyak pemanas, yang digunakan di
pemanasan sentral.
Diesel digunakan dalam mesin diesel (mobil, kapal, sepeda
motor, dll), sejenis mesin pembakaran dalam. Rudolf Diesel awalnya mendesain
mesin diesel untuk menggunakan batu bara sebagai bahan bakar, namun ternyata
minyak lebih efektif.
Mesin diesel Packard digunakan dalam pesawat terbang seawal
tahun 1927, dan Charles Lindbergh menerbangkan Stinson SM1B dengan mesin diesel
Packard pada 1928.
Perjalanan mobil bermesin diesel diselesaikan pada 6 Januari
1930. Perjalanan tersebut dimulai dari Indianapolis
ke New York City
- jarak sejauh (1300 km). Hal inimembuktikan kegunaan mesin pembakaran dalam
Mesin diesel
Dari Wikipedia Indonesia ,
ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia .
Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih
spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh
suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti
busi).
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang
menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk
dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia
mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900
dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan
disempurnakan oleh Charles F. Kettering.Daftar isi [sembunyikan]
1 Bagaimana mesin diesel bekerja
2 Tipe mesin diesel
3 Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
4 Pranala luar
[sunting]
Bagaimana mesin diesel bekerja
Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan
oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan
bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston
yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan
busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa
ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur
dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan
membakar dengan cepat.
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran
di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan
menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini
ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung
pengeluaran crankshaft.
Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar
dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports
atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi
bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger
untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk
mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger
meningkatkan efisiensi.
Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang
membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang
menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik
kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan
"komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin
melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang
disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui
aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.
Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder
dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi
menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin.
Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold"
untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah
mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif
memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental
dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat
mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam
silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin
menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat
kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk
memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.
[sunting]
Tipe mesin diesel
Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua,
meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft
di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling
banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan
straight-4 juga banyak diproduksi.
[sunting]
Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga
yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran
tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang
membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan
mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin
bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena
komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin
diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin
meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat
mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi
bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih
sedikit.(ttp://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_diesel)
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_diesel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar