Kesehatan Reproduksi pada Manusia

Masyarakat, khususnya remaja perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada di sekitarnya. Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai pergaulan di kehidupan bersosial dan bermasyarakat. 

Pengetahuan dasar yang perlu diberikan kepada remaja agar mempunyai kesehatan reproduksi yang sehat di antaranya sebagai berikut. 
a. Pengenalan mengenai sistem, proses, dan fungsi alat reproduksi. 
b. Perlunya mendewasakan usia perkawinan serta mengadakan perencanaan dan pengaturan kehamilan. 
c. Pengenalan bahaya narkoba dan minuman keras pada organ reproduksi. 
d. Pengenalan pengaruh sosial dan media terhadap perilaku seksual dan kekerasan seksual serta cara menghindarinya. 
e. Meningkatkan pemahaman agama serta terbuka dalam berkomunikasi mengenai masalah kesehatan reproduksi. 
f. Pengenalan berbagai macam penyakit menular seksual (PMS) dan HIV-AIDS serta dampaknya terhadap kondisi kesehatan reproduksi. 

Akhir-akhir ini banyak tindakan kriminal seperti pemerkosaan yang terjadi karena dipicu oleh bacaan atau tontonan dari tabloid, majalah, atau acara tv. Kekerasan seksual ini tentu meresahkan masyarakat. Menurut Anda, tindakan apa yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat menanggapi permasalahan ini? Benarkah media massa dan elektronik dapat mempengaruhi perilaku seksual masyarakat? Memberikan pemahaman dan pengetahun dasar mengenai kesehatan reproduksi selain bertujuan agar remaja memiliki sikap dan perilaku yang bertanggung jawab di masyarakat juga berguna agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS). Apakah PMS itu? Berikut akan diuraikan mengenai penyakit menular seksual (PMS). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar