proses uji kehamilan.

Hormon oksitosin merupakan hormone yang berperan dalaHormon yang berperanan dalam kehamilan 

1. Progesteron dan estrogen, merupakan hormone yang berperanan dalam masa kehamilan 3-4 bulan pertama masa kehamilan. Setelah itu fungsinya diambil alih oleh plasenta. Hormone estrogen makin banyak dihasilkan seiring dengan bertambahnya usia kandungan karena fungsinya yang merangsang kontraksi uterus. Sedangkan hormone progesterone semakin sedikit karena fungsinya yang menghambat kontraksi uterus. 
2. Prolaktin merupakan hormone yang disekresikan oleh plasenta dan berfungsi untuk memacu glandula mamae untuk memproduksi air susu. Serta untuk mengatur metabolisme tubuh ibu agar janin (fetus) tetap mendapatkan nutrisi. 
3. HCG (Hormone Chorionic Gonadotrophin) merupakan hormone untuk mendeteksi adanya kehamilan. Bekerja padahari ke-8 hingga minggu ke-8 pada masa kehamilan. Hormon ini ditemukan pada urm kontraksi uterus menjelang persalianan. 
Hormon yang berperanan dalam kelahiran/persalinan 
1. Relaksin merupakan hormone yang mempengaruhi peregangan otot simfisis pubis 
2. Estrogen merupakan hormone yang mempengaruhi hormone progesterone yang menghambat kontraksi uterus. 
3. Oksitosin merupakan hormone yang mempengaruhi kontraksi dinding uterus. 
Proses implantasi 
Pada akhir minggu pertama (hari ke-5 sampai hari ke-7) zigot mencapai cavum uteri. 
Pada saat itu uterus sedang berada dalam fase sekresi lender dibawah pengaruh progesterone dari korpus luteum yang masih aktif. Sehingga lapisan endometrium dinding rahim menjadi kaya pembuluh darah dan banyak muara kelenjar selaput rahim yang terbuka dan aktif. 

Kontak antara zigot stadium blastokista dengan dinding rahim pada keadaan tersebut akan mencetuskan berbagai reaksi seluler, sehingga sel-sel trofobas zigot tersebut dapat menempel dan mengadakan infiltrasi pada lapisan epitel endometrium uterus (terjadi implantasi). 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar