Latar Belakang Perang Dunia II

Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II meliputi ; a). Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa mewujudkan perdamaian dunia, b). Perlombaan persenjataan, c). Semangat balas dendam terutama Jerman yang sangat dirugikan oleh perjanjian Versailles akhir Perang Dunia I, d). Terjadinya perbedaan paham antara paham demokrasi (Amerika Serikat, Inggris)dan paham komunisme (Rusia) dengan paham fasis (naziiesme) yang anti komunisme, anti demokrasi dan anti yahudi, e). Perebutan tanah jajahan, f). Terbentuknya berbagai persekutuan militer, g). Politik ekspansi yang dilakukan Jerman dengan semboyan Jerman Raya ( Lebensrum), Italia dengan semboyan Italia Raya ( Italia Irrendenta) atau Italia la Prima dan Jepang dengan semboyan Hakko Ichiu. 
Sedangkan sebab khusus terjadinya Perang Dunia II yaitu : 
a. Di Eropa : Serangan kilat (blitzkrieg) yang dilakukan tentara Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. 
b. Di Asia Pasifik : Serangan Jepang terhadap pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941. 
Pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia II adalah kelompok negara-negara Poros/sentral ( Jerman, Italia dan Jepang ) dibantu Hongkong, Rumania, Bulgaria, Finlandia dan kelompok negara-negara Sekutu (Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Belanda, Denmark ,Norwegia , Rusia, Esthonia, Polandia, Latvia serta Lithuania ). 


3. Jalannya Perang 
Perang Dunia II terbagi menjadi 2 medan pertempuran, yaitu : 
a. Medan pertempuran Eropa dan Afrika Utara 
Pertempuran di eropa dimulai dengan adanya serangan Jerman ke Polandia (negara dibawah pengawasan LBB) tanggal 1 September 1939. Tindakan ini membuat negara-negara pendukung LBB, terutama Prancis dan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman tanggal 3 September 1939. Pada tahun 1940 Jerman berhasil menyerbu dan menduduki Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia dan Prancis. Jerman juga menyerang Uni Soviet (Rusia ) pada tanggal 22 Juni 1941 tapi serangan ini berhasil dipukul mundur oleh tentara Rusia di bawah pimpinan Jenderal Zukov, Rusia kemudian bergabung dengan pasukan Sekutu. 

Perang Dunia II juga terjadi Afrika. Dibawah pimpinan Jenderal Erwin Rommel, tentara gabungan Jerman dan Italia berhasil menduduki Afrika Utara. Tapi pada tahun 1943 pasukan sekutu dibawah pimpinan Mountgomery dan Eisenhower berhasil mengalahkan pasukan Jerman dan Italia serta menguasai kembali seluruh Afrika Utara. 

b. Medan pertempuran Pasifik ( perang pasifik ) 
Pertempuran di Pasifik dimulai adanya serangan Jepang terhadap Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor ( Hawai ) pada tanggal 8 Desember 1941. Dalam waktu singkat tentara Jepang berhasil menduduki daerah-daerah di Asia Tenggara dan Pasifik Barat. Untuk menghadapi tentara Jepang maka tentara sekutu membentuk pasukan gabungan di bawah pimpinan Mac Arthur dari Amerika Serikat. 

4. Akhir Perang Dunia II 
Pada awalnya pihak pihak blok Poros/sentral banyak memperoleh kemenangan, tapi mulai tahun 1942 pihak sekutu mulai berhasil mengalahkan pasukan sentral di beberapa front. Tentara Italia akhirnya menyerah kepada pihak sekutu pada 1 Mei 1944. Jerman menyusul menyerah kepada pihak sekutu setelah dijepit pasukan Eishower dari barat dan pasukan Rusia dari timur pada tanggal 7 Mei 1945. Jepang pun akhirnya menyerah kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 setelah kota Nagasaki dan Hirosima di bom atom. 

Perjanjian-perjanjian yang mengakhiri PD II adalah : 

a. Perjanjian Postdam 1945 ( antara Jerman dan Sekutu ) yang isinya : 
- Wilayah Jerman dibagi 2 yaitu Jerman Barat dibawah kekuasaan sekutu dan Jerman Timur dibawah kekuasaan Rusia. 
- Daerah Danzig dan Niese diberikan kepada Polandia. 
- Angkatan perang Jerman harus dikurangi 
- Tokoh-tokoh Nazi diadili dan dihukum dibawah pengawasan internasional 
- Jerman harus mengganti kerugian perang dengan sekutu. 
b. Perjanjian San Francisco ( antara Jepang dengan Sekutu ) yang isinya : 
- Kepulauan Jepang dalam pengawasan Ameika Serikat 
- Jepang harus melepaskan daerah yang dikuasai selama perang Asia Timur Raya 
- Pulau Kuriil dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia 
- Jepang harus membayar kerugian perang kepada sekutu 
c. Perjanjian Sekutu dengan Italia yang berisi : 
- Derah Italia diperkecil 
- Abesinia dan Albania dimerdekakan kembali 
- Semua jajahan Italia diambil oleh Inggris. 

5. Akibat Perang Dunia II 
a. Bidang Politik 
Yaitu : 1) Tampilnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai negara adi kuasa ( Super Power ). 2) Terjadinya persaingan politik antara Amerika Serikat yang berpaham Demokrasi dengan Uni Soviet yang berpaham Sosialis-Komunis. 3) Berdirinya negara-negara baru setelah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan. 4). Timbulnya persekutuan-persekutuan militer, seperti NATO, Pakta Warsawa, SEATO dll. 
b. Bidang Sosial 
Yaitu : 1) Tampilnya golongan cerdik pandai yang melakukan penelitian untuk kepentingan sosial maupun militer. 2) berkembangnya badan-badan sosial yang membantu korban perang. 
c. Bidang Ekonomi 
Yaitu : 1) Ekonomi dunia semakin kacau. 2) Tampilnya negara-negara industri baru akibat adanya bantuan modal dari Amerika Serikat. 3). Jerman dan Jepang muncul sebagai negara Industri maju. 
d. Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ). 
Pada tanggal 26 Juni 1945 diadakan konferensi San Fransisco. Konferensi ini disponsori oleh 4 negara besar yaitu Amerika Serikat, Inggris, Rusia dan Cina serta dihadiri 51 negara merdeka. Pertemuan ini menghasilkan Piagam Perdamaian ( Charter of Peace), yang kemudian dijadikan Piagam PBB. Piagam ini disahkan pada tanggal 24 Oktober 1945. Oleh karena itu, tanggal 24 Oktober 1945 secara resmi dianggap sebagai tanggal berdirinya PBB. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar