PENGERTIAN AL-QUR'AN





Allah Swt memilih beberapa nama bagi wahyu-Nya, yang berbeda sekali dari bahasa yang biasa digunakan masyarakat Arab untuk penamaan sesuatu, Nama-nama itu mengandung makna yang berbias dan memiliki akar kata. Di antara beberapa nama itu yang paling terkenal ialah al-Kitab dan al-Qur'an. 

Adapun penamaan wahyu itu dengan Al-qur'an memberikan pengertian bahwa wahyu itu tersimpan di dalam dada manusia mengingat nama al-Qur'an sendiri berasal dari kata Qara'a , yaqra'u , qira'atan yang artinya adalah bacaan atau yang dibaca.dan didalam kata qira'ah terkandung makna : agar selalu di ingat. 

Qara'a mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qira'ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata satu dengan yang lain dalam suatu ucapan yang tersusun rapih. Qur'an pada mulanya seperti qira'ah, yaitu masdar dari kata qara'a, qira'atan, qur'anan. Allah berfirman.QS.Al-Qiyamah : 17-18. 


" Sesungguhnya atas tanggungan kami-lah mengumpulkannya di (dadamu) dan ( membuatmu pandai ) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaanya itu. (QS.Al-Qiyamah:17-18). 

Qur'anah disini berarti qira'atahu (bacaannya/cara membacanya). Jadi kata itu adalah masdar yang diartikan dengan arti isim maf'ul, yaitu maqru (yang dibaca). 

Qur'an dikhususkan sebagai nama bagi kitab yang diturunkan kepada Muhammad s.a.w, sehingga qur'an menjadi nama khas kitab itu, sebagai nama diri. 


2.Terminologis 


Para ulama dalam memberikan definisi Al-Qur'an sangatlah beragam sesuai sudut pandang yang masing masing diantaranya : 

a. Manna’ Al-Qaththan 

كلام الله المنزل على محمد صلم.المتعبد بتلاوته 

b. Al-Jurjani 

هو المنزل على الرسول المكتوب فى المصاحف المنقول عنه نقلا متواترا بلاشبهة 

c. Abu Syuhbah 

هوكتاب الله عز وجل المنزل على خاتم انبيائه محمد صلم بلفظه ومعناه المنقول بالتواتر المفيد للقطع واليقين المكتوب فى المصاحف من اول سورة الفاتحة الى اخر سورة الناس 

d. Pakar ushul fiqh, fiqh dan bahasa Arab. 

كلام الله المنزل غلى نبيه محمد صلم المعجز المتعبد بتلاوته المنقول بالتواتر المكتوب فى المصاحف من اول سورة الفاتحة الى سورة الناس 

Kesimpulan: 

Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, yang kafasitasnya sebagai mu’jizat dan bernilaikan ibadah bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar