Pertumbuhan manusia

Periode Neonatal (kelahiran baru) adalah periode empat minggu pertama setelah lahir. Pada periode ini, fungsi tubuh seperti pernafasan, pencernaan, dan ekskresi telah dilakukan oleh bayi itu sendiri. Pada usia enam minggu bayi sudah mulai tersenyum, pada usia empat bulan bayi sudah dapat tertawa, bangun ketika mendengarkan sesuatu dan mulai mengenal wajah ibunya. Pada usia satu tahun bayi dapat berdiri tanpa pertolongan untuk beberap detik. Samapi usia lima tahun, otak dan kecerdasan akan tumbuh dengan kecepatan luar biasa. Kepekaan inderanya juga berkembang dengan baik.

Masa kanak-kanak (6-12 tahun) ditandai dengan masa tenang/ laten, ia lebih senang bermain dengan temansebayanya. Kemampuan berpikir, motorik dan sosialisasinyaterus berkembang.



Usia 12-14 tahun disebut masa adolesen. Pubertas adalah bagian adolesen. Masa pubertas adalah masa dimana anak laki-laki dan perempuan matang secara seksual (organ reproduksi). Pubertas pada anak laki-laki antara usia 10-14 tahun, ditandai dengan dihasilkannya sel sperma pertama kali (spermache), mulai tumbuh kumis, suara membesar, dan dada menjadi bidang. Pubertas pada perempuan berlangsung usia 9-13 tahun, ditandai terjadinya menstruasi. Menstruasi adalah tanda bahwa organ reproduksi wanita dapat berfungsi. Selain menstruasi ciri lainya adalah kulit menjadi halus, pinggang melebar, buah dada, dan tumbuh rambutdiketiak. Pada masa pubertas, mulai memiliki rasa ketertarikan pada lawan jenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar